$type=slider$snippet=hide$cate=0$meta=0$show=home

Mengenal Embrio Sekte Theologi Dalam Islam

Bagikan :

MENGENAL EMBRIO SEKTE THEOLOGI DALAM ISLAM

        
          Beberapa dekade terakhir agama Islam mendapat sorotan tajam dari dunia Internasional. Bukan karena prestasi yang dicapai - sebagaimana yang telah dilakukan para pendahulu muslim, seperti para cendikiawan dari dinasti Abbasiyyah yang berhasil mencatatkan diri dalam buku sejarah para ilmuan berprestasi dan memberikan sumbangsih yang berharga dalam dunia keilmuan - tapi karena teror-teror yang dilancarkan kepada masyarakat luas. Aksi yang paling populer dan masih teringat dalam benak masyarakat Internasional yaitu peristiwa 11 September 2001 - serangan terhadap Menara Kembar WTC (World Trade Center) di New York City - yang dilancarkan oleh jaringan al-Qaeda dengan pemimpinnya Osama bin Laden yang bermarkas di Afganistan. Tidak hanya al-Qaeda, selain itu ada jaringan al-Ikhwan al-Muslimin di Mesir yang juga tergolong keras dalam menegakkan ajaran agama Islam dan yang terbaru ada ISIS (Islamic State of Iraq and Syria). Kelompok yang terakhir juga termasuk sangat radikal dalam menegakkan Islam. Bahkan mereka sering melakukan pembunuhan terhadap masyarakat yang tidak sejalan dengan alur pemikiran mereka.
          Selain dari luar negeri, di dalam negeri pun (Indonesia) terdapat beberapa organisasi Islam yang berhaluan keras seperti FPI (Front Pembela Islam), HTI (Hizbut Tahrir Indonesia), bahkan ada beberapa gerakan yang dianggap sesat seperti Gafatar (Gerakan Fajar Nusantara), AKI (Amanat Keagungan Ilahi) dan masih banyak lagi. 
         Pada dasarnya, munculnya aliran-aliran ini bukanlah hal yang baru dalam Islam. Pada masa sahabat bahkan Rasulullah SAW sudah mulai muncul benih-benih paham yang melenceng. Maka dalam haditsnya Rasulullah bersabda: 
أخبر النبي صلى الله عليه وسلم ستفترق أمتي على ثلاث وسبعين فرقة الناجية منها واحدة والباقون هلكى قيل ومن الناجية قال أهل السنة والجماعة قيل ومن أهل السنة والجماعة؟ قال ما أنا عليه وأصحابي (رواه ابن ماجة(
Hadits di atas menjelaskan bahwa umat Islam kelak akan terpecah menjadi 73 sekte. Hanya ada satu sekte yang selamat dan kelak akan masuk surga sedangkan yang lain rusak dan neraka akan menjadi tempat pemberhentian terakhir mereka. sekte yang selamat itu adalah ASWAJA (Ahlus Sunah wal Jama'ah) yaitu suatu sekte yang mengikuti jejak Rasul dan para sahabatnya.           
          Dari 73 sekte tersebut, ada 7 sekte yang menjadi embrio dari munculnya sekte-sekte yang lain. Syaikh Ali bin Abi Bakr dalam bukunya Ma’arij al-Hidayah memaparkan bahwa: Sumber bid’ah dalam hukum-hukum pokok – sebagaimana yang telah dijelaskan para ulama’ – kembali pada 7 sekte yaitu:

1. Mu’tazilah, yaitu sekte yang berpendapat bahwa manusia memiliki daya untuk menciptakan pekerjaannya sendiri (tanpa bantuan Allah), meniadakan adanya mimpi dan mengharuskan adanya pahala dan siksa. Sekte ini terpecah menjadi 20 golongan.
2.  Syi’ah, yaitu sekte yang berlebihan dalam mencintai sayyidina Ali Karramallahu Wajhah. Sekte ini terpecah menjadi 22 golongan.
3.  Khawarij, yaitu sekte yang berlebihan dalam membenci sayyidina Ali bahkan menganggap beliau dan orang-orang yang berbuat dosa besar adalah orang kafir. Sekte ini terpecah menjadi 20 golongan.
4.  Murji’ah, yaitu sekte yang berpendapat bahwa maksiat tidak berbahaya dengan disertai keimanan dan taat tidak bermanfaat dengan disertai kekufuran. Sekte ini terpecah menjadi 5 golongan.
5. Najjariyah, yaitu sekte yang memiliki pandangan yang sama dengan Ahlus Sunah mengenai diciptakannya pekerjaan oleh Allah, juga memiliki pandangan yang sama dengan Mu’tazilah dalam meniadakan sifat bagi Allah dan hudusnya kalam Allah. Sekte ini terpecah menjadi 3 golongan.
6. Jabariyah, yaitu sekte yang berpendapat bahwa manusia tidak memiliki ikhtiyar (usaha), semuanya atas kehendak Allah. Sekte ini hanya ada 1.           
7.   Musyabbihah/Mujassimah, yaitu sekte yang menyerupakan Allah dengan makhluk dalam bentuk dan bertempat. Sekte ini hanya ada 1.
          K.H. M. Sya'roni Ahmadi dalam bukunya al-Faraid as-Saniyyah menyatakan bahwa: Ketujuh sekte tersebut dipelopori oleh:
1. Washil bin 'Atha' pelopor Mu'tazilah
2. Abdullah bin Saba' pelopor Syi'ah
3. Nafi' bin Azraq pelopor Khawarij
4. Jahm bin Shafwan pelopor Murji'ah
5. Muhammad bin Husain an-Najjar pelopor Najjariyah
6. Thalut al-A'sham dan Jahm bin Shafwan pelopor Jabariyah
7. Ibnu Tamiyah pelopor Musyabbihah/Mujassimah
          Demikianlah sekte-sekte yang menjadi embrio dari berbagai sekte dalam Islam. Sebagai penutup Insya Allah akan kami ulas satu persatu mengenai asal-usul munculnya sekte tersebut, doktrin-doktrinnya serta sekte-sekte yang menginduk padanya. 

والله أعلم بالصواب
 


KOMENTAR

Nama

Agenda,6,Agenda Rutin,2,Bahtsul Masail,3,Bangil,1,Banser,17,Berantas Karaoke,2,Cadar,1,cerpen,1,Dokumentasi,8,Ekonomi,2,Felix,1,Gus Dur,3,Gus Mus,2,Hari Pahlawan,1,Hari Santri Nasional,2,Hikmah,5,HTI,4,Humor,2,Islam Dunia,1,ISNU,2,Israel,1,Jokowi,1,Ke-Ansor-an,1,Ke-NU-an,2,kebangsaan,1,Kedutaan Israel,1,KH Sya'roni Ahmadi,2,KH. Ma'ruf Amin,1,KH. Said Aqil Siradj,2,Khilafah,1,Lowongan Kerja,2,Muamalah,1,Mudik 2018,1,Muslimat NU,1,Nahdlotul Ulama,1,NU,1,Opini,4,PBNU,1,Peristiwa,5,Pilihan,37,PKD dan Diklatsar,1,Posko Mudik Banser 2018,1,Pustaka,1,RSI NU Demak,1,sawah,1,Sejarah,3,Tausiyah,2,Terorisme,2,Tokoh,6,Tradisi,3,Ubudiyah,3,Video,1,Warta Lokal,17,Warta Nasional,8,Yahudi,1,
ltr
item
ANSOR PAC Karanganyar: Mengenal Embrio Sekte Theologi Dalam Islam
Mengenal Embrio Sekte Theologi Dalam Islam
ANSOR PAC Karanganyar
https://www.ansorpackaranganyar.org/2017/04/mengenal-embrio-sekte-theologi-dalam.html
https://www.ansorpackaranganyar.org/
https://www.ansorpackaranganyar.org/
https://www.ansorpackaranganyar.org/2017/04/mengenal-embrio-sekte-theologi-dalam.html
true
110494691151744641
UTF-8
Semua postingan ditampilkan Postingan tidak ditemukan Lihat Semua Selengkapnya Balas Batal Membalas Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan Lihat Semua Mungkin anda menyukai postingan ini LABEL ARSIP SEARCH SEMUA POSTINGAN Postingan yang sesuai tidak ditemukan Kembali ke Beranda Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Ahd Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des Sekarang 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 bulan yang lalu Pengikut Ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah terkopi ke komputer/gadget Tidak dapat mengkopi kode atau teks. selahkan pencet tombol [CTRL]+[C] (atau CMD+C untuk Mac) untuk mengnyalin