$type=slider$snippet=hide$cate=0$meta=0$show=home

Santri Medsos

Bagikan :

Hari Santri Nasional. Konon disertai dengan  semilyar shalawat.  Orang yang biasa bershalawat akan adem jiwanya, jernih pikirannya, tidak lekas marah, lembut hati dan perkataannya, hatinya welas asih karena cenderung pada keinginan berbagi keberkahan dan rahmat yang dirasakannya, bukan berbagi laknat. Kalau pun marah, amarahnya telah disaring sehingga yang keluar bukan umpatan, hinaan, caci-maki, ejekan.

Kalau pun berbeda pendapat, akal dan pikirannya akan melihat dengan jernih perbedaan itu, hatinya mengawasi nafsu amarah dan sombong yang bisa ikut campur dan menyebabkan munculnya rasa  sok tahu  dan sok paling benar  —  sehingga perkataan yang muncul adalah hasil pemikiran yang ditujukan pada membantah  pendapat, bukan menyerang orangnya dengan kata kasar, caci maki, prasangka buruk, dan tuduhan  keji tanpa dasar dan bukti yang kuat

Santri yang rajin bershalawat demi mendapat syafaat dan, syukur-syukur,  dicintai Rasul, pasti tahu faedah dan berkah bershalawat seperti itu. Mereka juga tahu bahwa walau sudah rajin bershalawat, mereka tidak bisa menjamin  pengakuan cintanya pada kanjeng Nabi akan diterima; mereka yang rendah hati tahu bahwa klaim cintanya belum tentu dibalas. Bagaimana jadinya bila mengaku cinta namun melakukan tindakan yang tidak disukai kanjeng nabi, seperti caci maki dan berkata kasar menghina orang lain dengan brutal, memfitnah, dusta? Apakah dijamin diterima cinta kita?

 Santri tentu paham prinsip di atas karena mereka kemungkinan besar telah diajari bagaimana  menempatkan perbuatan, ucapan, pikiran, dan hati dihadapan sesama manusia sekaligus di hadapan Tuhan Yang Maha Melihat dan Maha Adil dan Maha Teliti dalam menimbang amal hambaNya.

Namun ada yang terasa aneh di medsos. Di platform ini kita bisa melihat akun-akun yang mengaku santri atau setidaknya mengaku orang beriman seperti lepas kendali. Mereka seperti tidak bisa menahan diri. Baca saja di kolom komentar kata-kata yang ditulis bukan dalam konteks bercanda tapi benar-benar untuk memaki dan menghina: ndhasmu! Congormu! Tai asu! Cocootmu asu! Bacot sampah! Belum lagi gambar meme meme yang penuh hinaan, fitnah dan plintiran. Dan itu disebar dengan iringan komentar  gembira karena bisa mengejek. Anehnya, yang melakukan itu juga termasuk  orang-orang yang beriman kepada rasul dan Allah.

Tampaknya  "gorengane" wis mateng. Santri dan orang beriman akan semakin sering bertengkar dengn sesama orang beriman  sebab makin malas berpikir jernih dan lebih suka marah-marah. Jika dikritik agar jangan lekas marah, mereka justru menyalahkan pihak lain yang membuat dirinya marah-marah, padahal apa yang sesungguhnya membuatnya marah belum tentu seperti yang dipikirkan atau dibayangkannya.

Apakah karena makin malas membaca dan berpikir panjang,  dan karena di medsos tidak berhadapan langsung, maka orang-orang membuang adab sebagai orang beriman sehingga yang  tampak  di mata orang di luar  adalah semacam tindakan massal saling menghina dan mengumpat, merusak sopan santun   dan martabat kemanusiaan,  demi surga?

Seorang teman menjauhi agama karena alasan tersebut. Dia bilang,  "di medsos, aku melihat bagaimana orang yang makin tampak beriman dan bertakwa malah semakin sadis dan brutal perkataannya kepada sesama orang beriman yang tidak disukainya. Apakah agamamu membolehkan hal itu?" Tentu aku jawab tidak. Ia tersenyum, "Jika tak boleh, mengapa makin banyak yang melakukan  itu beramai-ramai, setidaknya di medsos?" Aku  mencoba membantah "Ah itu karena ada pihak luar yang ingin mengadu domba." Dia tertawa, "Jika sudah tahu, kenapa kalian mau.saja diadu domba? Kenapa kalian malah senang saling mengumpat dan berkelahi? Saya kira, hanya orang yang malas berpikir dan mudah marah yang rela dan senang diadu domba, dipecah belah, dibuat selalu bermusuhan. Jadi sebenarnya agamamu itu mengajarkan apa?"

Saya tidak ingin menceritakan lanjutan dialog yang penuh kritik terhadap perbuatan dan perkataan orang beriman ini, karena saya khawatir nanti orang beriman akan marah-marah. Sebab seringkali orang merasa mengkritik pendapat orang dianggap sama dengan mengkritik agama. 😉

Dari dialog itu saya hanya berpikir sederhana dan mengingat lagi ajaran guru ngaji saya di zaman saya masih sekolah:

 Yang masih percaya ada akhirat dan yaumul hisaab, bagi yang percaya bahwa  laku hidup akan terus berjalan sesudah mati,  maka menahan diri adalah hal yang lebih baik. Karena kita yang beriman tahu bahwa segala pikiran, ucapan/tulisan, perbuatan akan dimintai pertanggungjawaban.

Jika masih percaya Tuhan Maha Adil, hati² dengan  diri sendiri adalah lebih baik. Sesudah mati kita menghadapi setidaknya dua sidang. Sesudah mati, akan diadili pikiran, ucapan dan perbuatan yang berkaitan dgn hablum minallaah. Lalu di mahsyar, akan diadili pikiran, ucapan dan perbuatan yang berhubungan dengan hablum minannas.

 Itulah sebabnya, dawuh kanjeng nabi, akan ada orang yang bangkrut di akhirat. Amal ibadah vertikalnya bagus, tetapi kepada sesama manusia sering dusta, dengki, hasut, fitnah, umpat, mencela dll. Maka bisa habis amalnya.
Gusti mboten sare. Bagi yang percaya, itu sudah cukup untuk menahan diri. Bagi yang tidak percaya, ia akan menghalalkan segala cara.

Orang akan mati. Tubuhnya dimakan belatung. Apa yg tersisa? Duit? Kekuasaan? Kesenangan dunia? Bagi yang percaya, yang perlu dijaga dan diperjuangkan sekuat-kuatnya adalah yang akan dibawa mati. Maka perlu bertanya, apakah amal ibadahku bercampur dusta, fitnah, benci, menyakiti liyan dll? Itu semua akan diadili. Tuhan Maha Teliti. Bagi yang percaya, ini sudah cukup untuk berusaha menahan lisan dan perbuatan dari menghina dan menyakiti sesama.

Kalo mengaku percaya Tuhan Maha Adil dan Teliti, mengapa masih berani berdusta, mencaci maki dan memfitnah? Kalo mengaku percaya pada Tuhan Yang Maha Melihat bahkan ke niat yang disembunyikan, mengapa masih berani berniat jahat dan keji? Jika mengaku yakin firmanNya benar, mengapa masih berani mengumpat kasar padahal  Dia berfirman "celakalah bagi orang yg mengumpat dan mencela?" Jika mengaku semua hanya titipan, mengapa mati-matian berebut titipan dengan cara cara yang jelas Dia larang melalui kalamNya di kitabNya dan melalui ajaran rasul?

Kini aku bertanya-tanya:  santri medsos ini percaya pada apa atau siapa?

Sumber: Triwibowo Budi Santoso

KOMENTAR

Nama

Agenda,9,Agenda Rutin,2,Bahtsul Masail,3,Bangil,1,Banser,26,Berantas Karaoke,2,Cadar,1,cerpen,1,Dokumentasi,12,Dzikir dan Doa,1,Ekonomi,2,Felix,1,Gus Baha,1,Gus Dur,4,Gus Mus,2,Habib Lutfi,1,Hari Pahlawan,1,Hari Santri Nasional,2,Harlah NU ke 98,1,Hikmah,6,HTI,4,Humor,4,Islam Dunia,2,ISNU,2,Israel,1,Jokowi,1,Ke-Ansor-an,2,Ke-NU-an,3,Kedutaan Israel,1,KH Sya'roni Ahmadi,2,KH. Ma'ruf Amin,1,KH. Said Aqil Siradj,2,Khilafah,1,Konferancab 2018,2,Lowongan Kerja,2,Mbah Maemon,1,Muamalah,1,Mudik 2018,1,Muslimat NU,1,Nahdlotul Ulama,1,Natuna,1,Opini,10,PBNU,2,Peristiwa,5,pilihan,15,PKD dan Diklatsar,1,Posko Mudik Banser 2018,1,Pustaka,2,Rijalul Ansor,1,RSI NU Demak,1,sawah,1,Sejarah,4,Tausiyah,2,Terorisme,2,Tokoh,9,Tradisi,3,UAS,1,Ubudiyah,5,Uighur,1,Video,2,Warta Lokal,25,Warta Nasional,16,Yahudi,1,
ltr
item
ANSOR PAC Karanganyar: Santri Medsos
Santri Medsos
Hari Santri Nasional. Konon disertai dengan semilyar shalawat. Orang yang biasa bershalawat akan adem jiwanya, jernih pikirannya, tidak lekas marah, lembut hati dan perkataannya, hatinya welas asih karena cenderung pada keinginan berbagi keberkahan dan rahmat yang dirasakannya, bukan berbagi laknat. Kalau pun marah, amarahnya telah disaring sehingga yang keluar bukan umpatan, hinaan, caci-maki, ejekan
https://1.bp.blogspot.com/-vDFezA5KG9o/Weq4Mh9C6aI/AAAAAAAADfA/qwtRRyovWhIoPiQLeDV_wxB2OTYAalxRQCJoC/w1590-h1206-n-rw/IMG_20171021_095026.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-vDFezA5KG9o/Weq4Mh9C6aI/AAAAAAAADfA/qwtRRyovWhIoPiQLeDV_wxB2OTYAalxRQCJoC/s72-w1590-c-h1206-n-rw/IMG_20171021_095026.jpg
ANSOR PAC Karanganyar
https://www.ansorpackaranganyar.org/2017/10/santri-medsos.html
https://www.ansorpackaranganyar.org/
https://www.ansorpackaranganyar.org/
https://www.ansorpackaranganyar.org/2017/10/santri-medsos.html
true
110494691151744641
UTF-8
Semua postingan ditampilkan Postingan tidak ditemukan Lihat Semua Selengkapnya Balas Batal Membalas Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan Lihat Semua Mungkin anda menyukai postingan ini LABEL ARSIP SEARCH SEMUA POSTINGAN Postingan yang anda cari tidak ditemukan Kembali ke Beranda Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Ahd Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des Sekarang 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 bulan yang lalu Pengikut Ikuti Postingan ini adalah postingan premium Langkah 1: Bagikan postingan ini ke media sosial Langkah 2: Klik link pada sosial media anda Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah terkopi ke komputer/gadget Tidak dapat mengkopi kode atau teks. selahkan pencet tombol [CTRL]+[C] (atau CMD+C untuk Mac) untuk mengnyalin Table of Content