$type=slider$snippet=hide$cate=0$meta=0$show=home

Mbah Sya'roni: Makna dan Hikmah Shilaturrahim

Bagikan :

     
KH. Sya'roni Ahmadi saat menyampaikan ceramah pada jamaáh
Indonesia masyhur dengan istilah shilaturrahmi untuk mengungkapkan aktifitas berkunjung ke rumah seseorang. Namun, tidak jarang juga masyarakat yang menggunakan istilah shilaturrahim untuk aktifitas yang sama. Pertanyaannya, mana diantara kedua istilah tersebut yang tepat digunakan untunk mengungkapkan aktifitas berkunjung ke rumah seseorang?

Untuk menentukan pemakaian istilah yang tepat, terlebih dahulu perlu diketahui  makna sebenarnya kalimat tersebut. KH Sya’roni Ahmadi – ulama’ kharismatik dari kota Kudus, yang biasa disapa dengan mbah Sya’roni – ketika memberikan wejangan pada pengurus PAC GP Ansor Karanganyar Demak kemarin (24/12), menjelaskan bahwa kalimat shilaturrahmi dan shilaturrahim memiliki makna yang berbeda. Shilaturrahmi tersusun dari dua kata yaitu shilatun (menyambung) dan rahmun (alat kelamin). Jadi, shilaturrahmi berarti menyambung alat kelamin. Sedangkan shilaturrahim, yang tersusun dari kata shilatun (menyambung) dan rahimun (persaudaraan) memiliki makna menyambung tali persaudaraan. Sebagaimana Hadits Nabi Saw.:
مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِيْ رِزْقِهِ وَيُنْسَأَ لَهُ فِيْ أَجَلِهِ فَلْيَتَّقِ اللهَ وَلْيَصِلْ رَحِمَهُ
Artinya: “Barangsiapa yang suka diluaskan rizkinya dan ditangguhkan ajalnya, hendaklah ia bertakwa kepada Allah dan menyambung tali shilaturrahim.”

Jika dilihat, Hadits nabi diatas menggunakan kata rahimahu bukan rahmahu. Ini berarti, lebih tepat jika kita menggunakan istilah shilaturrahim bukan shilaturrahmi. Namun, bagaimana cara menyikapi istilah shilaturrahmi yang sudah lumrah digunakan masyarakat Indonesia? Mbah Sya’roni  dalam wejangannya melanjutkan, untuk menyikapi kedua istilah ini boleh dikatakan bahwa shilaturrahim adalah bahasa Arab, sedangkan shilaturrahmi adalah bahasa Indonesia.

Hikmah Shilaturrahim
Shilaturrahim merupakan kegiatan yang positif. Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari kegiatan ini. Mbah Sya’roni yang ditemui pengurus PAC GP Ansor Karanganyar Demak di kediamannya, menyebutkan terdapat berbagai manfaat yang dapat diperoleh dari kegiatan shilaturrahim. Salah satunya sebagaimana termaktub dalam Hadits diatas, yaitu dilapangkannya rizki dan ajal orang yang hobi bershilaturrahim. Selain itu, dengan bershilaturrahim persatuan umat dapat menjadi kukuh. Dan dengan persatuan hal yang sulitpun dapat menjadi mudah. Nabi Muhammad Saw. sendiri sangat mementingkan persatuan umatnya. Ini dapat dilihat ketika beliau beserta rombongan muhajirin sampai di kota Madinah, langkah pertama yang beliau ambil adalah membangun masjid dan pasar. Ini dikarenakan Masjid merupakan media bagi umat Islam untuk berhubungan dengan sang Khaliq (hablun minallah). Sedangkan pasar adalah tempat bagi umat Islam untuk bertemu dan saling berinteraksi satu sama lain (hablun minannas). Dari interaksi ini, persatuan umat Islam diharapkan akan terpupuk sehingga menjadi pohon yang kukuh yang sulit untuk ditumbangkan.

Penulis : Taufikul Lutfi Rois (Kabid Keagamaan & Idiologi PAC GP Ansor Karanganyar)

KOMENTAR

Nama

Agenda,6,Agenda Rutin,2,Bahtsul Masail,3,Bangil,1,Banser,17,Berantas Karaoke,2,Cadar,1,cerpen,1,Dokumentasi,10,Ekonomi,2,Felix,1,Gus Dur,3,Gus Mus,2,Hari Pahlawan,1,Hari Santri Nasional,2,Hikmah,5,HTI,4,Humor,2,Islam Dunia,1,ISNU,2,Israel,1,Jokowi,1,Ke-Ansor-an,1,Ke-NU-an,2,kebangsaan,1,Kedutaan Israel,1,KH Sya'roni Ahmadi,2,KH. Ma'ruf Amin,1,KH. Said Aqil Siradj,2,Khilafah,1,Konferancab 2018,2,Lowongan Kerja,2,Muamalah,1,Mudik 2018,1,Muslimat NU,1,Nahdlotul Ulama,1,NU,1,Opini,4,PBNU,1,Peristiwa,5,Pilihan,38,PKD dan Diklatsar,1,Posko Mudik Banser 2018,1,Pustaka,1,RSI NU Demak,1,sawah,1,Sejarah,3,Tausiyah,2,Terorisme,2,Tokoh,6,Tradisi,3,Ubudiyah,3,Video,1,Warta Lokal,18,Warta Nasional,8,Yahudi,1,
ltr
item
ANSOR PAC Karanganyar: Mbah Sya'roni: Makna dan Hikmah Shilaturrahim
Mbah Sya'roni: Makna dan Hikmah Shilaturrahim
Di Indonesia masyhur – untuk mengungkapkan sebuah aktifitas berkunjung ke rumah seseorang – dengan istilah shilaturrahmi. Namun, tidak jarang juga masyarakat yang menggunakan istilah shilaturrahim untuk aktifitas yang sama. Pertanyaannya mana diantara kedua istilah tersebut yang tepat digunakan untung mengungkapkan aktifitas berkunjung ke rumah seseorang?
https://3.bp.blogspot.com/-TI9R-a9vZCo/WkAfdKpWtGI/AAAAAAAAD-M/uXP50rg5A6I_QYmxlBodYVjIZusXIxZuQCLcBGAs/s640/1465888367575fae6fdb6ae.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-TI9R-a9vZCo/WkAfdKpWtGI/AAAAAAAAD-M/uXP50rg5A6I_QYmxlBodYVjIZusXIxZuQCLcBGAs/s72-c/1465888367575fae6fdb6ae.jpg
ANSOR PAC Karanganyar
https://www.ansorpackaranganyar.org/2017/12/makna-dan-hikmah-silaturahim.html
https://www.ansorpackaranganyar.org/
https://www.ansorpackaranganyar.org/
https://www.ansorpackaranganyar.org/2017/12/makna-dan-hikmah-silaturahim.html
true
110494691151744641
UTF-8
Semua postingan ditampilkan Postingan tidak ditemukan Lihat Semua Selengkapnya Balas Batal Membalas Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan Lihat Semua Mungkin anda menyukai postingan ini LABEL ARSIP SEARCH SEMUA POSTINGAN Postingan yang sesuai tidak ditemukan Kembali ke Beranda Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Ahd Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des Sekarang 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 bulan yang lalu Pengikut Ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah terkopi ke komputer/gadget Tidak dapat mengkopi kode atau teks. selahkan pencet tombol [CTRL]+[C] (atau CMD+C untuk Mac) untuk mengnyalin