$type=slider$snippet=hide$cate=0$meta=0$show=home

Ketika Anak Bertanya Tentang Allah

Bagikan :

Anak: Allah itu siapa?
Ayah: Allah itu Tuhan yang menciptakan kita semua, menciptakan Kakek, Nenek, Ayah, Bunda, dan engkau, sayangku. Allah juga yang menciptakan Aalam semesta ini beserta isinya. Matahari, bulan, bintang, dan binatang lucu seperti embek dan pus, juga menciptakan hewan seperti singa dan harimau yang ada di kebun binatang itu. Jadi, Allah yang menciptakan kita semua.

Anak: Allah itu mirip (si)apa?
Ayah: Anakku, Allah tuhan kita semua tidak mirip dengan (si)apapun. Allah yang MahaAgung dengan segala sifat-Nya tidak bisa dan tidak boleh diserupakan dengan yang ada di dunia. Karena segala sesuatu dunia ini ada dan terjadi karena kehendak atau keinginan Allah. Jadi, anakku, Mahasuci Allah dari segala sangkaan padanan yang kita lihat. Semua yang kita lihat adalah ciptaan Allah dan bukti keberadaan-Nya. (patokan jawaban pada QS. Asyyura: 11)

Anak: Allah itu laki-laki kayak ayah atau perempuan kayak bunda?
Ayah: Ayah tadi sudah bilang, sayangku, jika Gusti Allah tidak bisa dimiripkan atau diserupakan dengan ciptaan-Nya. Oleh karena itu, jenis kelamin laki laki atau perempuan tak ada artinya bagi Gusti Allah. Hanya manusia saja yang terbagi menjadi laki laki dan perempuan. Jadi tidak bisa dikatakan bahwa Allah itu laki-laki atau perempuan. Allah adalah wujud yang tiada tara. Dialah Tuhan Yang Mahaesa, Mahasempurna, dan tidak seperti (si)apapun, anakku. (sandaran: QS. al-Ikhlas)

Anak: mengapa ayah menyuruh mengaji? Apakah Allah juga mengaji?
Ayah: ayah menyayangimu, nak. Ayah memintamu mengaji biar bisa menjadi orang yang bermanfaat, disayang oleh Nabi Muhammad dan disayangi Allah. Engkau kan sudah tahu jika Nabi Muhammad yang ayah ceritakan kemarin sudah pintar mengaji saat usianya seperti dirimu. Jadi agar engkau disayang ayah bunda, disayang oleh Nabi Muhammad, dan dicintai oleh Allah, engkau harus pintar mengaji, karena Allah saaaaangat sayang sama anak yang rajin mengaji dan patuh pada ayah bunda. Jadi, yang rajin mengaji ya sayang?

Anak: Mengapa Allah menyuruh kita shalat? Apakah Dia butuh shalat kita?
Ayah: Jika ayah ibu menyuruhmu maem buah dan minum susu, engkau pasti akan menjawab agar dirimu bertambah sehat. Iya kan? Demikianlah anakku, maem makanan bergizi membuat tubuh kita sehat, sedangkan shalat menjadikan dirimu anak yang baik dan semakin disayang oleh Allah.

Anak: apakah Allah suka maem permen dan minum susu?
Ayah: Allah itu Kaya, Mahakaya, Saaangat Kaya, anakku. Jadi Allah tidak butuh permen, karena Allah lah yang menciptakan buah-buahan untuk membuat permen, juga menciptakan penjual permen. Allah tidak suka dan tidak butuh permen, tapi Allah sangat menyayangi anak yang rajin mengaji, patuh sama ayah bunda dan suka menolong orang lain sepertimu, anakku. Jadi Allah menyayangimu karena dirimu juga sayang Allah. (sandaran: QS. Al-An'am 133). Tapi, jangan sering-sering maem permen agar gigimu tidak keropos.

Anak: Allah itu ada di mana? Kok nggak kelihatan?
Ayah: Tolong ambilkan parfum pengharum ruangan di lemari ayah itu anakku. Baiklah terimakasih. Setelah tadi ayah semprotkan, apa yang kau rasakan? Harum, kan? Beraroma mawar, kan? Jadi, kita merasakan harumnya aroma mawar ini tapi tak bisa melihat satupun darinya, juga tak bisa menunjukkan dimana posisi harum ini sebenarnya, lalu bagaimana bentuk harumnya, dan sebagainya. Begitu pula dengan Allah yang kita cintai, anakku. Kita tak melihat Allah, tapi kita selalu Yakin bahwa Dia ada, selalu menyayangi kita. (QS. Al-Hadiid: 5)

Anak: ohya, bagaimana cara merasakan keberadaan Allah?
Ayah: bagus, sayangku. Allah selalu Ada untuk kita. Setiap hari 5 waktu kita shalat. Shalat adalah cara kita berbicara dengan Allah. Mengobrol dengan-Nya dengan sopan.

Anak: Tapi, saya masih bingung yah, belum bisa merasakan jika Allah itu dekat. Bagaimana?
Ayah: baiklah, anakku. Kamu bisa merasakan kehadiran-Nya dalam hatimu yang bersih. Sekarang pejamkan matamu. Panggil nama-Nya dengan kelembutan dari lubuk hatimu yang paling dalam. Yakin, ya, yakinlah anakku, dengan segera engkau akan tahu bahwa Allah Ada dan selalu berada di sampingmu.

Wallahu A'lam Bisshawab

Penulis : Rijal Mumazziq Z

KOMENTAR

Nama

Agenda,6,Agenda Rutin,2,Bahtsul Masail,3,Bangil,1,Banser,17,Berantas Karaoke,2,Cadar,1,cerpen,1,Dokumentasi,10,Ekonomi,2,Felix,1,Gus Dur,3,Gus Mus,2,Hari Pahlawan,1,Hari Santri Nasional,2,Hikmah,5,HTI,4,Humor,2,Islam Dunia,1,ISNU,2,Israel,1,Jokowi,1,Ke-Ansor-an,1,Ke-NU-an,2,Kedutaan Israel,1,KH Sya'roni Ahmadi,2,KH. Ma'ruf Amin,1,KH. Said Aqil Siradj,2,Khilafah,1,Konferancab 2018,2,Lowongan Kerja,2,Muamalah,1,Mudik 2018,1,Muslimat NU,1,Nahdlotul Ulama,1,Opini,4,PBNU,1,Peristiwa,5,Pilihan,39,PKD dan Diklatsar,1,Posko Mudik Banser 2018,1,Pustaka,1,RSI NU Demak,1,sawah,1,Sejarah,3,Tausiyah,2,Terorisme,2,Tokoh,6,Tradisi,3,Ubudiyah,3,Video,1,Warta Lokal,18,Warta Nasional,9,Yahudi,1,
ltr
item
ANSOR PAC Karanganyar: Ketika Anak Bertanya Tentang Allah
Ketika Anak Bertanya Tentang Allah
Ketika anak kecil bertanya tentang Allah, apa yang akan kita jawab? Begini kira-kira jawaban yang mungkin mudah dipahami oleh anak-anak
https://2.bp.blogspot.com/-THs-MZ6au90/Wl2Y3wiXnYI/AAAAAAAAEG8/WvTEY3sbRLwqOTcolmUXjpTKA0HLx1M1gCLcBGAs/s320/IMG_20180116_131125.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-THs-MZ6au90/Wl2Y3wiXnYI/AAAAAAAAEG8/WvTEY3sbRLwqOTcolmUXjpTKA0HLx1M1gCLcBGAs/s72-c/IMG_20180116_131125.jpg
ANSOR PAC Karanganyar
https://www.ansorpackaranganyar.org/2018/01/ketika-anak-bertanya-tentang-allah.html
https://www.ansorpackaranganyar.org/
https://www.ansorpackaranganyar.org/
https://www.ansorpackaranganyar.org/2018/01/ketika-anak-bertanya-tentang-allah.html
true
110494691151744641
UTF-8
Semua postingan ditampilkan Postingan tidak ditemukan Lihat Semua Selengkapnya Balas Batal Membalas Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan Lihat Semua Mungkin anda menyukai postingan ini LABEL ARSIP SEARCH SEMUA POSTINGAN Postingan yang sesuai tidak ditemukan Kembali ke Beranda Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Ahd Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des Sekarang 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 bulan yang lalu Pengikut Ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah terkopi ke komputer/gadget Tidak dapat mengkopi kode atau teks. selahkan pencet tombol [CTRL]+[C] (atau CMD+C untuk Mac) untuk mengnyalin