$type=slider$snippet=hide$cate=0$meta=0$show=home

Aroma NU Di Negeri Seberang

Bagikan :


     Hasil gambar untuk mbah hasyim asy'ari 




Aroma NU Di Negeri Seberang

        Nahdhatul Ulama’ atau yang disingkat dengan NU adalah organisasi Islam yang muncul di tengah-tengah bangsa Indonesia yang sedang mengalami gradasi moral dan mental. Rongrongan dan gaya hidup negatif yang diperlihatkan oleh kaum penjajah menempatkan bangsa ini pada kehancuran. Pada titik inilah muncul organisasi NU yang dipelopori oleh salah satu ulama’ kharismatik Nusantara KH. Hasyim Asy’ari. Organisasi ini secara terus menerus menyuarakan kemerdekaan dan menebarkan Islam di hati sanubari bangsa. Tidak sedikit darah dari para Ulama’ dan santri yang bercucuran membanjiri bumi pertiwi. Penantian yang lama dan perjuangan yang melelahkan akhirnya menemukan hasil juga dengan terbebasnya bangsa ini dari belenggu kaum penjajah. Tepatnya pada tanggal 17 Agustus 1945 Presiden pertama Ir. Soekarno memproklamirkan kemerdekaan bangsa Indonesia. 
Suasana Yasinan
       NU memiliki pengaruh dan andil besar dalam membentuk karakter bangsa. Mulai dari doktrin hingga tradisi yang dijalankan oleh para Ulama’ NU masih eksis diamalkan sampai sekarang ini. Namun tradisi NU ini rupanya tidak hanya berkisar pada pribumi saja, Mostyn Estate (ladang Mostyn) – daerah kecil yang berada di Kunak Tawau Provinsi Sabah Malaysia – penduduknya juga melanggengkan amalan-amalan/tradisi NU. Walaupun istilahnya bukan NU namun penduduk setempat menjalankan berbagai amalan khas NU. Berikut beberapa amalan yang dipraktikan:
1.    Yasinan dan Tahlilan
Yasin merupakan salah satu surat al-Qur’an. Sedangkan Tahlil adalah sekumpulan beberapa ayat suci al-Qur’an dan dzikir-dzikir. Jadi kegiatan membaca yasin dan tahlil disebut dengan Yasinan da Tahlilan. Kegiatan ini biasanya dilaksankan untuk mendo’akan orang yang sudah meninggal agar diampuni dosanya, diterima amal baiknya dan mendapatkan tempat yang terbaik disisi Allah SWT. 
2.    Berjanjenan
Berjanjenan adalah kegiatan membaca biografi Nabi Muhammad SAW. karya Syaikh Ja’fa Syaikh Ja'far bin Husin bin Abdul Karim bin Muhammad Al-Barzanji. Kitab ini menceritakan biografi Nabi mulai dari kelahiran sampai wafatnya Nabi Muhammad SAW. Selain al-Barzanji ada beberapa kitab Maulid yang masyhur di Indonesia seperti Simthud Duror, Dziba' dan Natsar.
3.    Bancaan Mendak
Mendak berasal dari bahasa jawa yang juga dapat disebut dengan haul. Bancaan mendak/haul merupakan peringatan satu tahun meninggalnya seseorang. Kegiatan ini biasanya diawali dengan pembacaan Yasin, Tahlil dan diakhiri dengan acara makan bersama atau berkatan (tempat yang didalamnya terdapat nasi, lauk pauk dan sayuran). 
4.    Shalat subuh dengan do’a qunut
Do’a qunut merupakan do’a khusus yang dibaca pada raka’at kedua ketika i’tidal. Do’a qunut biasanya dijalankan pada shalat subuh dan shalat witir pada pertengahan bulan Ramadhan.
5.    Membaca Basmalah di Surat al-Fatihah ketika Shalat
Basmalah adalah salah satu dari tujuh ayat surat al-Fatihah. Jadi membaca surat al-Fatihah tanpa Basmalah ketika shalat maka hukumnya tidak sah.
6.    Ziarah Kubur
Ziarah berasal dari bahasa Arab yang berarti mengunjungi. Ziarah kubur berarti mengunjungi orang yang sudah meninggal di makam. Kegiatan ziarah berupa pembacaan Yasin dan Tahlil yang tujuannya sama dengan kegiatan Yasinan dan Tahlilan. Jadi ziarah kubur jauh dari persepsi sebagian orang yang mengatakan bahwa ziarah kubur adalah ritual minta-minta pada selain Allah.

      Demikianlah amalan-amalan yang dipraktikan oleh Ahlus Sunnah wal Jama'ah an-Nahdhiyyah yang masih lestari sampai jaman now.

Sumber: Wawancara dengan sahabat Anam Isyana – Pengajar di CLC (Comunity Learning Center), sekolah di Malaysia khusus untuk anak Indonesia.

Penulis: Taufikul Lutfi Rois (Kabid Keagamaan PAC GP Ansor Karanganyar Demak)

KOMENTAR

Nama

Agenda,6,Agenda Rutin,2,Bahtsul Masail,3,Bangil,1,Banser,17,Berantas Karaoke,2,Cadar,1,cerpen,1,Dokumentasi,10,Ekonomi,2,Felix,1,Gus Dur,3,Gus Mus,2,Hari Pahlawan,1,Hari Santri Nasional,2,Hikmah,5,HTI,4,Humor,2,Islam Dunia,1,ISNU,2,Israel,1,Jokowi,1,Ke-Ansor-an,1,Ke-NU-an,2,Kedutaan Israel,1,KH Sya'roni Ahmadi,2,KH. Ma'ruf Amin,1,KH. Said Aqil Siradj,2,Khilafah,1,Konferancab 2018,2,Lowongan Kerja,2,Muamalah,1,Mudik 2018,1,Muslimat NU,1,Nahdlotul Ulama,1,Opini,4,PBNU,1,Peristiwa,5,Pilihan,39,PKD dan Diklatsar,1,Posko Mudik Banser 2018,1,Pustaka,1,RSI NU Demak,1,sawah,1,Sejarah,3,Tausiyah,2,Terorisme,2,Tokoh,6,Tradisi,3,Ubudiyah,3,Video,1,Warta Lokal,18,Warta Nasional,9,Yahudi,1,
ltr
item
ANSOR PAC Karanganyar: Aroma NU Di Negeri Seberang
Aroma NU Di Negeri Seberang
NU memiliki pengaruh dan andil besar dalam membentuk karakter bangsa. Mulai dari doktrin hingga tradisi yang dijalankan oleh para Ulama’ NU masih eksis diamalkan sampai sekarang ini. Namun tradisi NU ini rupanya tidak hanya berkisar pada pribumi saja, Mostyn Estate (ladang Mostyn) – daerah kecil yang berada di Kunak Tawau Provinsi Sabah Malaysia – penduduknya juga melanggengkan amalan-amalan/tradisi NU.
http://www.nu.or.id/o-client/nu_or_id/pictures/post/big/15020003125986b4b8d342f.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-C-qaVc6Gfyo/Wk7JR5TWPwI/AAAAAAAAANo/AqlxyFNfUNUdxqJVcUx8gtxaOCv2gNqXACLcBGAs/s72-c/IMG-20180104-WA0022%255B1%255D.jpg
ANSOR PAC Karanganyar
https://www.ansorpackaranganyar.org/2018/01/normal-0-false-false-false-in-x-none-ar.html
https://www.ansorpackaranganyar.org/
https://www.ansorpackaranganyar.org/
https://www.ansorpackaranganyar.org/2018/01/normal-0-false-false-false-in-x-none-ar.html
true
110494691151744641
UTF-8
Semua postingan ditampilkan Postingan tidak ditemukan Lihat Semua Selengkapnya Balas Batal Membalas Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan Lihat Semua Mungkin anda menyukai postingan ini LABEL ARSIP SEARCH SEMUA POSTINGAN Postingan yang sesuai tidak ditemukan Kembali ke Beranda Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Ahd Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des Sekarang 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 bulan yang lalu Pengikut Ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah terkopi ke komputer/gadget Tidak dapat mengkopi kode atau teks. selahkan pencet tombol [CTRL]+[C] (atau CMD+C untuk Mac) untuk mengnyalin