$type=slider$snippet=hide$cate=0$meta=0$show=home

Birth of Muhammad (bagian 2)

Bagikan :

Rohmad Soleh
Hari ini, Ahad, 15 April 2007 seusai mandi pagi dan setelah mengemasi barang yang sekira perlu dibawa termasuk Jas Almamater Unissula, aku bergegas menuju ke gedung FAI kebetulan disini aku bertemu dengan M. Sufyan (Ketua Panitia Peringatan Maulid Nabi dan Bhakti Sosial yang diselenggarakan oleh UKM UPI –Unit Kegiatan Mahasiswa Unit Pengamalan Islam- Unissula bekerjasama dengan Takmir Masjid Baiturrahim Ds. Brambang Kec. Karangawen Kab. Demak) yang akan aku hadiri bersama teman-teman hari ini. 

Sejurus aku bertanya kepada M. Sufyan, “Dimana teman-teman, sudah pada datang ke kampus belum?”, tanyaku. Sudah mas, jawabnya. Teman-teman sudah menunggu di sebelah gedung Rektorat, ini tinggal menunggu teman-teman yang sebagian belum hadir, lanjutnya. M. Sufyan adalah mahasiswa FAI jurusan tarbiyah angkatan 2005 (sekarang semester IV) yang berasal dari Rembang. Kebetulan dia masuk sebagai anggota UKM UPI Unissula pada tahun pertama dia kuliah disini dan pada periode 2006-2007 ini menjabat sebagai ketua Departemen Pengabdian Masyarakat. Aku yang pada periode 2005-2006 kemarin menjabat sebagai Ketua Umum UPI, di periode sekarang diberi amanat sebagai sekretaris Dewan Syuro UPI.

Kami berdua pun akhirnya berjalan menuju ke tempat dimana teman-teman berkumpul. Dan setelah beberapa menit menunggu kedatangan teman-teman yang belum hadir, akhirnya bus kampus sebagai fasilitas transportasi untuk kegiatan para mahasiswa mulai melaju menuju tempat dimana acara Peringatan Maulid Nabi dan Bhakti Sosial tersebut diselenggarakan.

Perjalanan dari kampus Unissula yang terletak di Jl. Raya Kaligawe Km. 4 Semarang menuju ke lokasi di Ds. Brambang Kec. Karangawen Kab. Demak menghabiskan waktu lebih dari setengah jam. Setelah setengah jam lebih dalam perjalanan, akhirnya sampailah kami di lokasi. Teman-teman pun turun dari bus, aku mendengar suara yang tak ada rupanya dari atas langit yang datang dari cerobong masjid, aku kira acaranya sudah dimulai tapi setelah aku bertemu dengan ketua UPI, Ahmad Munif, aku kemudian bertanya dengannya, “Nif, acaranya sudah dimulai ya?”. Belum, jawabnya. Ini baru acara arwah jamak yang dari habis subuh tadi belum selesai. Ayo masuk ke rumah, dia melanjutkan pembicaraan seraya mengajak teman-teman untuk masuk ke rumahnya. Beberapa saat kemudian aku dan teman-teman masuk ke rumah dan duduk berjejer diruang tamu yang terbilang ukurannya agak besar sehingga teman-teman bisa duduk bareng disini, sambil menunggu selesainya acara arwah jamak, kami pun berbincang-bincang laiknya orang berbicara. Beberapa menit kemudian keluarlah dari dalam ruang tengah sesuatu yang ditaruh dipiring (jajan) dan sebagian teman ada yang menuangkan air teh dari ceret ke gelas kaca untuk diberikan dan minum teman-teman yang ada disini.

Sejenak kemudian aku dan sebagian teman yang berada di sebelah yang baru saja asyik menikmati hidangan yang ada, tiba-tiba ketua panitia, M. Sufyan memberi intruksi kepada teman-teman untuk merapatkan barisan dan ketua panitia pun unjuk bicara. Inti dari pembicaraannya adalah memberitahukan prosesi jalannya acara kali ini. Nanti setelah acara arwah jamak selesai teman-teman sebelum pergi ke masjid untuk Peringatan Maulid Nabi, dimohon teman-teman nanti ikut acara tahlil dan khotmil qur’an dulu di makam, acara rapat ini diakhiri setelah ketua panitia membagi job description untuk teman-teman yang ada disini, ada yang bertugas sebagai penerima tamu, master of ceremony, dan lain sebagainya.

Suara yang dari tadi terdengar diatas langit yang datang dari cerobong masjid tiba-tiba berhenti, serentak teman-teman memposisikan diri untuk mengikuti tahlilan dan khotmil qur’an di makam, kami menunggu bapak-bapak yang ada di masjid untuk bersama-sama pergi ke makam. Beberapa saat kemudian rombongan bapak-bapak dari masjid terlihat oleh kami, kami pun langsung ikut pergi bersama-sama menuju ke makam. Sesampainya di makam, aku lihat beberapa bapak-bapak yang sudah ada disini menyiapkan acara. Aku dan teman-teman yang terdiri dari lebih kurang 45 orang laki dan perempuan memposisikan diri mengikuti acara tersebut. akhirnya acara dimulai dengan dibuka terlebih dahulu dengan hadlroh surat Alfatihah untuk arwah yang telah mendahului kita, kemudian dilanjutkan bacaan khataman (surat Adh Dhuha sampai An Naas), setelah itu bacaan tahlil mengiringi acara ini dan kemudian bacaan Asyroqolan dan acara diakhiri dengan pembacaan doa.

Usai acara tahlil dan khotmil qur’an di makam, hadirin akhirnya membubarkan diri, kami pun akhirnya mengayunkan langkah kaki kami menuju ke tempat dimana acara pengajian diadakan yaitu di Masjid Baiturrohim. Sesampainya di pelataran masjid, kami pun memposisikan diri pada posisi masing-masing, ada yang menyaipkan jalannya acara pengajian dan yang lain sebagai penerima tamu. Dalam perjalanan menuju ke masjid, terdengarlah lantunan-lantunan lagu qasidah yang menggema diatas langit, aku tahu itu adalah lantunan Group Rebbana dari panitia yang disiapkan untuk acara ini yang tiada lain adalah teman-teman UPI sendiri.

Pengajian dalam rangka Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan kerjasama antara UKM UPI Unissula dengan Takmir Masjid Baiturrahim ini bertempat di serambi masjid untuk pengunjung putra dan sebagian dibawah tratak yang sudah dipasang di depan masjid. Dan dengan beralaskan kepang (semisal tikar tapi dianyam dengan menggunakan bambu yang sudah dirapikan) pengunjung putri baik ibu-ibu, anak-anak atau remaja putri memadati lokasi pengajian ini dengan antusiasnya. Dalam benakku berkata-kata “kepang yang biasanya di kampungku pada tempo dulu (beberapa tahun lalu ketika aku masih kecil) digunakan untuk alas menjemur padi, tapi ternyata disini masih ada dan digunakan untuk alas tempat duduk, di kampungku masih ada tidak ya barang seperti kepang tadi”, anganku.

Pengunjung pun berdatangan melewati dua arah yaitu arah kanan dan kiri, dari kedua arah tersebut sudah ada petugas penerima tamu. Aku berjabat tangan dengan para hadirin yang menghadiri acara ini. Jarum jam menunjukkan pukul 10.15 WIB, akhirnya acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1427 H dimulai oleh MC, Amelia Hasanah dan Widowati. Beberapa saat dari dimulainya acara ini, tiba-tiba aku melihat dari arah sebelah kiri saya seorang dengan mengendarahi motor KTM-nya yang tiada lain adalah teman satu fakultas dan seangkatan denganku cuma beda jurusan, saya di jurusan tarbiyah dan dia syariah, namanya Ahmad Yahya. Ahmad Yahya, S.H.I merupakan mahasiswa jurusan syariah Unissula yang baru saja di wisuda pada minggu kemarin tepatnya tanggal 14 April 2007 berasal dari Wedung Demak. 

Usai dia memarkirkan motornya, aku langkahkan kakiku menemui dia dan bertanya “Ya, kesini sama siapa?”. Sama teman-teman, jawabnya. Ini teman-teman masih dalam perjalanan, tadi aku duluan memakai motor dan teman-teman pada naik bus, lanjutnya. Siapa aja Ya, lanjutku bertanya. Anak-anak kost Genuk Sari (cah-cah Pati), tadi pagi aku main ke kost teman-teman dan kebetulan mereka tidak ada acara. Alhamdulillah mereka mau aku ajak kesini, cah-cah pati semua, imbuhnya.

Beberapa menit kemudian, Yahya bertanya kepadaku, “Leh motormu dimana?”. Dibawa teman tadi, jawabku. Siapa yang bawa ini mau saya pinjam buat jemput teman-teman yang baru sampai. Ini teman-teman sudah sampai di jalan raya yang berada di depan sana. Aku cari teman yang membawa motorku dan aku minta untuk mengikuti Yahya menjemput teman-teman Pati.

Tak terasa acara selanjutnya adalah istirahat. Aku melangkah menuju ke ruangan rumah depan masjid yang masih beralaskan tanah untuk membantu teman-teman panitia membagi-bagikan snack untuk para hadirin. Disela-sela aku sedang membagi-bagikan snack untuk para hadirin, terlihat olehku teman-teman yang terkenal dengan panggilan Cah-cah Pati tadi tiba di lokasi, ada Siti Durriyah, S.Pd.I, Masrukah, S.Pd.I (teman satu kelas dan seangkatan yang baru di wisuda pada 14 April 2007 kemarin), Dwi Astuti, Masfu’ah, Umi Farida, Yuli Istiana dan Zumrotul Mukhoyyaroh. Dalam acara istirahat selain dihibur oleh lantunan-lantunan lagu qasidah oleh teman-teman UPI, juga diselingi dengan pemberian bantuan kepada anak-anak yatim piatu oleh panitia yang diwakilkan kepada Ketua Dewan Syuro, Musta’in, AH dan Ketua UPI, Ahmad Munif.

Istirahat kami cukupkan sekian, keluarlah sebuah kalimat tersebut oleh MC menutup acara istirahat. Acara selanjutnya adalah Mauidhoh Hasanah yang akan disampaikan oleh beliau Bapak K. Musyaffa’ dari Purwodadi, kepadanya dihaturkan. Akhirnya Bapak kiai menuju dan naik ke panggung yang sudah disediakan oleh panitia. Alunan lagu thola’al badru alaina...min syaniyyatil wada’...wajabasy syukru alaina...ma da’al lillahi da’ mengiringi perjalanan K. Musyaffa’ ketika hendak naik ke mimbar.

Assalamualaikum warahamatullahi wabarakatuh, Bapak K. Musyaffa’ mulai membuka dengan mengucapkan salam kepada semua hadirin. Karena hadirin belum kompak dalam menjawab salam, beliau pun mengulangi salamnya “Assalamualaikum warahamatullahi wabarakatuh”, serentak hadirin menjawab salam beliau dengan nada yang indah “Waalaikumus salam warahamatullahi wabarakatuh”.

Dalam mauidhoh Bapak K. Musyaffa’, beliau menjelaskan dengan runtut tentang keutamaan atau fadilah-fadilah orang yang memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW yang salah satunya adalah hadist yang artinya : “Barang siapa yang menghormati kelahiranku, maka masuklah surga bersamaku”.

Mauidhoh hasanah berlangsung lebih kurang satu jam, akhirnya beliau pun mengakhiri mauidhohnya dengan menyatakan bahwa, “meskipun ini sudah tanggal 28 Rabiul Awal, tapi pada poinnya adalah ada upaya untuk memperingati hari lahir Nabi Muhammad SAW”.

Acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan tema “Jadikan Peringatan Maulid Nabi sebagai Wahana Implementasi Keimanan dan Kepedulian Sosial” oleh UKM UPI Unissula pada tanggal 15 April 2007 di Masjid Baiturrahim Ds. Brambang Kec. Karangawen Kab. Demak ini ditutup dengan pembacaan doa oleh K. Nidlomuddin dari Kaliwungu Kendal.

Usai acara selesai, kami semua melangkah menuju rumah dimana kali pertama kami transit. Setelah sampai, kami semua akhirnya bersama-sama makan nasi yang sudah tersedia disini, catering. Beberapa saat setelah teman-teman istirahat dan sebagian ada yang menunaikan salat dzuhur kami pun mengadakan acara pamitan kepada shohibul bait untuk kembali ke kampus dimana tempat kami mencari ilmu. Usai berjabat tangan dengan shohibul bait, kami semua masuk ke bus kampus yang sedari pagi menunggu disini, dan usai masuk ke bus akhirnya Go To Campus. . .

Kampus Unissula,   April 2007.
Cerpen ini untuk kalangan sendiri guna memuliakan kelahiran sang Nabi.

KOMENTAR

Nama

Agenda,6,Agenda Rutin,2,Bahtsul Masail,3,Bangil,1,Banser,17,Berantas Karaoke,2,Cadar,1,cerpen,1,Dokumentasi,8,Ekonomi,2,Felix,1,Gus Dur,3,Gus Mus,2,Hari Pahlawan,1,Hari Santri Nasional,2,Hikmah,5,HTI,4,Humor,2,Islam Dunia,1,ISNU,2,Israel,1,Jokowi,1,Ke-Ansor-an,1,Ke-NU-an,2,kebangsaan,1,Kedutaan Israel,1,KH Sya'roni Ahmadi,2,KH. Said Aqil Siradj,2,Khilafah,1,Lowongan Kerja,2,Muamalah,1,Mudik 2018,1,Muslimat NU,1,Nahdlotul Ulama,1,NU,1,Opini,4,PBNU,1,Peristiwa,5,Pilihan,37,PKD dan Diklatsar,1,Posko Mudik Banser 2018,1,Pustaka,1,RSI NU Demak,1,sawah,1,Sejarah,3,Tausiyah,2,Terorisme,2,Tokoh,6,Tradisi,3,Ubudiyah,3,Video,1,Warta Lokal,17,Warta Nasional,7,Yahudi,1,
ltr
item
ANSOR PAC Karanganyar: Birth of Muhammad (bagian 2)
Birth of Muhammad (bagian 2)
https://1.bp.blogspot.com/-Ce63kxXta0o/WpADx1PaCZI/AAAAAAAAAB4/-yGveGpBrPAUjqHP-tX2y4A_K-o6exIkACLcBGAs/s320/9.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-Ce63kxXta0o/WpADx1PaCZI/AAAAAAAAAB4/-yGveGpBrPAUjqHP-tX2y4A_K-o6exIkACLcBGAs/s72-c/9.jpg
ANSOR PAC Karanganyar
https://www.ansorpackaranganyar.org/2018/02/birth-of-muhammad-bagian-2.html
https://www.ansorpackaranganyar.org/
https://www.ansorpackaranganyar.org/
https://www.ansorpackaranganyar.org/2018/02/birth-of-muhammad-bagian-2.html
true
110494691151744641
UTF-8
Semua postingan ditampilkan Postingan tidak ditemukan Lihat Semua Selengkapnya Balas Batal Membalas Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan Lihat Semua Mungkin anda menyukai postingan ini LABEL ARSIP SEARCH SEMUA POSTINGAN Postingan yang sesuai tidak ditemukan Kembali ke Beranda Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Ahd Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des Sekarang 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 bulan yang lalu Pengikut Ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah terkopi ke komputer/gadget Tidak dapat mengkopi kode atau teks. selahkan pencet tombol [CTRL]+[C] (atau CMD+C untuk Mac) untuk mengnyalin