$type=slider$snippet=hide$cate=0$meta=0$show=home

Bikin Ngakak, Gus Dur Mengerjai Ketua Pemuda Muhammadiyah

Bagikan :

Sunanto ketua terpilih dalam Muktamar Pemuda Muhammadiyah ke 18 di Yogyakarta.
Dalam muktamar Pemuda Muhammadiyah ke XVII di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Cak Nanto panggilan akrab Sunanto terpilih sebagai ketua umum untuk masa bakti 2018-2022. Pria yang menggantikan Dahnil Anzar Simanjutak ini ternyata dulu pernah punya pengalaman dikerjai oleh Almarhum KH. Abdurahman Wahid alias Gus Dur. Berikut kisahnya:

Suatu ketika, Cak Nanto bertanya pada Gus Dur

"Gus, bagaimana pandangan Islam tentang Indonesia yang memilih bentuk negara Pancasila, bukan negara Islam?" tanya Nanto.

"Menurut siapa dulu, NU atau Muhammadiyah?" jawab Gus Dur.

"NU, deh Gus," kata Nanto.

"Hukumnya boleh. Karena bentuk negara itu hanya wasilah, perantara. Bukan ghayah, tujuan." Jawab Gus Dur.

"Kalau menurut Muhammadiyah?" tanya Nanto lagi.

"Sama,"  jawab Gus Dur singkat.

Nanto melanjutkan pertanyaan berikutnya, "Kalau melawan Pancasila, boleh tidak Gus? Kan bukan Al-Qur'an?"

"Menurut NU atau Muhammadiyah?" jawab Gus Dur.

"Muhammadiyah, coba," kata Nanto.

"Tidak boleh. Pancasila itu bagian dari kesepakatan, perjanjian. Islam mengecam keras perusak janji," jawab Gus Dur.

"Kalau menurut NU?" Tanya Nanto.

"Sama," jawab Gusdur.

Sampai di sini, Nanto mulai senewen. Dia merasa dikerjain oleh Gus Dur. Jawaban menurut NU dan Muhammadiyah kok selalu sama.

Anda gimana sih, Gus. Kalau memang pandangan NU dan Muhammadiyah sama, ngapain kami disuruh milih menurut NU atau Muhammadiyah? Tanya Nanto.

"Ya .. kita harus dudukkan perkara pemikiran organisasi para ulama itu dengan benar, mas. Nggak boleh serampangan," jawab Gus Dur.

"Serampangan bagaimana?" sahut Nanto.

"Kalau Muhammadiyah itu kan ajarannya memang merujuk ke Rasulullah," jawab Gus Dur.

"Lha, kalau NU?" tanya Nanto.

"Sama."
_____________________

Kisah diatas diceritakan oleh gus Yaqut Ketum GP Ansor saat memberikan ucapan selamat kepada Cak Nanto melalui laman sosial media miliknya "Yaqut Cholil Qoumas".

Memasuki bulan Desember berarti masuk pada bulan Gus Dur, bulan dimana Gus Dur meninggal. Banyak kalangan yang mengisi bulan Gus Dur dengan berbagai acara untuk mengenang dan mengambil pelajaran berharga dari kisah hidup beliau, tidak terkecuali cerita-cerita karomah Gus Dur. 

Sekelumit kisah humor gus dur yang diceritakan oleh Gus Yaqut ini semoga turut menyemarakkan bulan Gus Dur.

KOMENTAR

Nama

Agenda,9,Agenda Rutin,2,Bahtsul Masail,3,Bangil,1,Banser,26,Berantas Karaoke,2,Cadar,1,cerpen,1,Dokumentasi,12,Dzikir dan Doa,1,Ekonomi,2,Felix,1,Gus Baha,1,Gus Dur,4,Gus Mus,2,Habib Lutfi,1,Hari Pahlawan,1,Hari Santri Nasional,2,Harlah NU ke 98,1,Hikmah,6,HTI,4,Humor,4,Islam Dunia,2,ISNU,2,Israel,1,Jokowi,1,Ke-Ansor-an,2,Ke-NU-an,3,Kedutaan Israel,1,KH Sya'roni Ahmadi,2,KH. Ma'ruf Amin,1,KH. Said Aqil Siradj,2,Khilafah,1,Konferancab 2018,2,Lowongan Kerja,2,Mbah Maemon,1,Muamalah,1,Mudik 2018,1,Muslimat NU,1,Nahdlotul Ulama,1,Natuna,1,Opini,10,PBNU,2,Peristiwa,5,pilihan,15,PKD dan Diklatsar,1,Posko Mudik Banser 2018,1,Pustaka,2,Rijalul Ansor,1,RSI NU Demak,1,sawah,1,Sejarah,4,Tausiyah,2,Terorisme,2,Tokoh,9,Tradisi,3,UAS,1,Ubudiyah,5,Uighur,1,Video,2,Warta Lokal,25,Warta Nasional,16,Yahudi,1,
ltr
item
ANSOR PAC Karanganyar: Bikin Ngakak, Gus Dur Mengerjai Ketua Pemuda Muhammadiyah
Bikin Ngakak, Gus Dur Mengerjai Ketua Pemuda Muhammadiyah
Cerita lucu Gus Dur yang bikin ngakak, Cak Nanto Pria yang menggantikan Dahnil Anzar Simanjutak ini ternyata dulu pernah punya pengalaman dikerjai oleh Almarhum KH. Abdurahman Wahid alias Gus Dur.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj2mZhox_Alx3lKmAA6f-jTbANiMXH11UDB1o2R6Zbp6iPv5ofO0lZkt2pvZNBfT7eugE5U5fcQwn7ePshcB8kJSrXs-5rbHppCgdTOIcLfi8ke044WkmKYw8NjzKkoON33SUnvERWJTit6/s320/Suannto.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj2mZhox_Alx3lKmAA6f-jTbANiMXH11UDB1o2R6Zbp6iPv5ofO0lZkt2pvZNBfT7eugE5U5fcQwn7ePshcB8kJSrXs-5rbHppCgdTOIcLfi8ke044WkmKYw8NjzKkoON33SUnvERWJTit6/s72-c/Suannto.jpg
ANSOR PAC Karanganyar
https://www.ansorpackaranganyar.org/2018/11/gus-dur-mengerjai-ketum-pemuda-muhammadiyah.html
https://www.ansorpackaranganyar.org/
https://www.ansorpackaranganyar.org/
https://www.ansorpackaranganyar.org/2018/11/gus-dur-mengerjai-ketum-pemuda-muhammadiyah.html
true
110494691151744641
UTF-8
Semua postingan ditampilkan Postingan tidak ditemukan Lihat Semua Selengkapnya Balas Batal Membalas Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan Lihat Semua Mungkin anda menyukai postingan ini LABEL ARSIP SEARCH SEMUA POSTINGAN Postingan yang anda cari tidak ditemukan Kembali ke Beranda Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Ahd Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des Sekarang 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 bulan yang lalu Pengikut Ikuti Postingan ini adalah postingan premium Langkah 1: Bagikan postingan ini ke media sosial Langkah 2: Klik link pada sosial media anda Salin semua kode Pilih semua kode Semua kode telah terkopi ke komputer/gadget Tidak dapat mengkopi kode atau teks. selahkan pencet tombol [CTRL]+[C] (atau CMD+C untuk Mac) untuk mengnyalin Table of Content